Akhmadfarhan's Blog

Berbagi Tips Manajemen, Kepemimpinan, Motivasi

Penyebab GALAU

pada 31 Januari 2012

Saat ini virus G4 L4 U alias galau semakin merajalela dan banyak menginfeksi anak muda. Virus ini menyebar dengan cepat dan bisa menular. Cara penularannya pun mudah hanya dengan membaca atau mendengar curahan galau teman atau orang lain kita pun bisa jadi ikutan galau juga. Selain itu, embrio virus ini sebenarnya sudah ada di dalam tubuh mereka. Hanya perlu diaktifkan dengan penularan rasa galau.

Galau bisa berarti resah, gelisah atau pikiran yang kacau karena sesuatu hal. Anak muda lebih sering terkena virus ini karena pertahanan jiwa mereka masih lemah. Jiwa yang labil dan belum matang dalam berfikir membuat mereka mudah galau. Ada beberapa penyebab utama galau yaitu:

1. Who Am I? anak muda masih sering mempertanyakan jati dirinya. Mereka masih mencari identitas diri. Siapa mereka sebenarnya dan mau jadi apa. Pertanyaan seperti itu sering menggelayuti jiwa dan pikiran mereka. Apalagi ditambah dengan “tekanan” dari orangtua, teman atau lingkungan yang mengatur untuk menjadi seperti ini atau seperti itu.

Anak muda ingin menjadi diri mereka sendiri. Hanya terkadang mereka belum menemukan “diri” yang dicari itu. Proses pencarian diri itu sering menjadi sumber kegalauan.

2. Ketika cinta datang menyapa. Suka dengan lawan jenis adalah fitrah manusia. Anak muda sering galau ketika rasa suka itu datang. Tak tahu apa yang harus dilakukan. Perlukah aspirasi isi hati itu disampaikan? atau cukup hanya tersimpan dalam angan.

Sebagian anak muda gagal mengelola rasa cinta yang seharusnya indah diterima. Mereka terkadang salah dalam membedakan cinta dengan nafsu. Cinta tidak selalu harus diwujudkan dengan berdua-duaan apalagi bermesraan. Segala sesuatu akan terasa indah pada waktunya.

3. Tidak percaya diri. Minder karena tidak yakin dengan diri sendiri membuat banyak anak muda ragu. Tak berani mengambil keputusan untuk berbuat sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Akhirnya mereka banyak yang ikut-ikutan teman dan lingkungan pergaulan. Padahal bisa jadi itu bertentangan dengan hati nurani.

Pilihan untuk diri sendiri terkadang lebih sering ditentukan oleh kemana teman-temannya pergi. Misalanya memilih jurusan di sekolah atau kuliah seharusnya sesuai dengan potensi diri. Kurang percaya diri sering membuat anak muda bingung mengambil keputusan.

Ketiga penyebab utama rasa galau itu punya cabang-cabang yang menjuntai. Jadi banyak hal yang bisa membuat kita galau. Hal kecil ataupun besar. Galau sebenarnya hal yang wajar terjadi. Manusia adalah mahluk yang punya keterbatasan dan kelemahan. Kalau kita merasa resah dan gelisah bukanlah masalah. Hanya bagaimana cara menyalurkan galau di hati itu yang harus diperhatikan.

Rasa galau harus tersalurkan agar permasalahan bisa terselesaikan. Minimal bisa mengurangi beban di hati dan pikiran. Menyampaikan galau tidak boleh sembarangan karena bisa jadi bumerang. Oke galauers, bagaimana menurut anda?

Bagaimana cara mengatasi galau? Baca aja tulisan ini http://akhmadfarhan.wordpress.com/2012/02/01/cara-mengatasi-galau/

About these ads

13 responses to “Penyebab GALAU

  1. ageng mengatakan:

    Galau bisa datang dari hal kecil sekalipun. Berarti segalau-galaunya anak muda, yg paling rentan galau itu yg kreatif dong? Orang kreatif kan suka membesar-besarkan sesuatu yang biasa saja :)

    • akhmadfarhan mengatakan:

      Orang kreatif memang sering galau tapi galaunya disalurkan menjadi karya. Itu bedanya sama galauers yg laen. Kalo galau karena cinta jadilah puisi paling indah sedunia (setidaknya menurut dia sendiri). Bikin cerpen atau novel karena galau melihat situasi di sekitarnya. Saya juga nulis tulisan ini karena galau lihat orang pada galau. he..he.. :D

  2. honeylizious mengatakan:

    saya sering mengalaminya -___-

  3. Rosid ETP mengatakan:

    Ini yang tepat, banyak yang ngira kalau GALAU itu karena si POCOOOONGGG !!! :-D

    Kalau saya sih mending menjadikan KEGALAUAN sebagai bahan pembully-an. Artinya meng-kick si Galau itu sendiri. Salah satunya dengan berpikir dari sisi lain biar bisa melihat penyebab kegalalun secara utuh dari sudut yang berbeda.

    Kan gokil, kalau kegalauan bisa menjadi objekan sesuatu yang menyenangkan, bukan menjadi bahan depresi. :-D

  4. [...] Tips Manajemen, Kepemimpinan, Motivasi « Penyebab GALAU Hambatan Sukses » Feb [...]

  5. lintangrinastiti mengatakan:

    Udah kebal ma yg namanya galau… hahaha…
    Gantian orang2 di sekitar saya yg galau.. Sayapun jd agak ikutan galau kalo ngasih advice ke orang2 yg galau.. Tnyt ngasih support tuh gak gampang yach…

    • akhmadfarhan mengatakan:

      Galau sama seperti semangat bisa menular. Gak gampang meredakan galau org lain krn galau adanya di hati. Tdk terlihat tapi terasa

  6. gerry mengatakan:

    AKU LAGI GALAU KK.. t_t

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: