Akhmadfarhan's Blog

Berbagi Tips Manajemen, Kepemimpinan, Motivasi

Kampanye Hitam

pada 30 Juni 2009

Kasihan banget jadi warna hitam, selalu diidentikkan sama hal yang negatif. Kalo ada masalah besar selalu dicari kambing hitam, orang yang “bisa” dijadikan pelaku alias trouble maker. Apalagi di dunia mistik sering ada istilah ilmu hitam yang biasanya dipake dukun, paranormal dan sebangsanya untuk beraksi.
Musim pemilu ini, istilah kampanye hitam jadi buah bibir. Katanya ada kandidat capres yang pake kampanye hitam buat menjatuhkan lawan politiknya. Kampanye hitam adalah istilah yang digunakan untuk segala bentuk kampanye yang bertujuan untuk menjatuhkan lawan dengan menyebarkan isu-isu negatif.

Siapa yang diuntungkan dengan adanya kampanye hitam?

Sekilas yang terlihat dimata publik pihak yang paling diuntungkan dengan adanya kampanye hitam adalah mereka yang dituduh sebagai pelakunya. Alasannya jelas karena kampanye hitam ini akan bisa menjatuhkan kredibilitas atau nama baik lawan politik mereka. Bentuk kampanye seperti ini memang biasanya dilakukan oleh pihak intelejen. Bentuk lain dari kampanye hitam ini sebenarnya juga biasa dilakukan di medan perang yang sesungguhnya. Nama lainnya adalah propaganda. Bisa dilakukan untuk menjatuhkan mental lawan dan atau membangkitkan semangat perjuangan para prajurit.

Namun yang perlu diwaspadai adalah adanya pihak lain yang sebenarnya diuntungkan dari kampanye hitam ini. Pihak lain itu adalah sang korban sendiri. Si korban akan terkesan dizhalimi dan diperlakukan tidak adil. Kesan ini bisa menimbulkan simpati publik jika dikemas dengan baik oleh tim suksesnya. Akhirnya publik akan lebih menyukai si korban dan memilih dia karena bersimpati atas “penderitaannya” akibat kampanye hitam yang dilakukan lawan-lawan politiknya. Bukan hal yang tidak mungkin jika kampanye hitam dilakukan sendiri oleh si korban atau tim suksesnya. Tujuannya adalah untuk menarik simpati publik dan juga menjatuhkan lawan politik yang akan menjadi tertuduh sebagai pelaku kampanye hitam ini. Dua tujuan bisa tercapai sekaligus. Menjatuhkan lawan dan menarik simpati. Inilah yang disebut dengan kontra intelejen. Melakukan sesuatu hal yang bisa dituduhkan kepada pihak lain untuk kepentingan dirinya sendiri.

Jadi hati-hatilah dengan kampanye hitam ini. Siapa yanng melakukannya harus diteliti lebih jauh. Terkadang tidak bisa langsung disimpulkan hanya berdasarkan apa yang terlihat di permukaan saja. Harus digali lebih jauh dan mendalam.
Apa yang terlihat oleh mata kita, tidak selalu sesuai dengan yang sebenarnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: