Akhmadfarhan's Blog

Berbagi Tips Manajemen, Kepemimpinan, Motivasi

Meraih Mimpi, Mengejar Cita, Menggapai Cinta

pada 14 Maret 2009

Mimpi berarti apa yang anda inginkan saat ini, besok, satu tahun lagi, lima tahun mendatang, dst. Mengapa kita harus punya mimpi?
a. Sebagai arah dalam hidup
b. Sebagai motivasi kemana akan melangkah
c. Sebagai alasan kita di dunia
d. Persembahan untuk orang-orang yang dicintai
e. Menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Dalil “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan” (QS Al-Hasyr : 18)

Kenyataan hari ini adalah, mimpi kita yang kemarin Kenyataan esok hari, adalah mimpi kita hari ini (Hasan Al Banna)

Bagaimana cara kerja mimpi? Mimpi akan mempengaruhi kekuatan pikiran bawah sadar yang dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.

Autosuggestion; Mimpi/keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar memiliki kekuatan sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. 5 (P) dalam melakukan autosuggestion – Positive : pada saat melakukan autosuggestion, pikirkan hal-hal yang positif saja. – Powerful : lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. – Precise : keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori. – Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau akan datang. – Personal : lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

Visualization; Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Cara melakukan visualisasi 1. Mendefinisikan impian Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita. 2. Menentukan target waktu Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang. Do the best, be the best, and then let God take care the rest Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Allah yang menentukan hasilnya. 3. Melakukan berulang-ulang Artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif. Jika impian lebih sering diimajinasikan dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kita.

Dengan imajinasi, kita bisa menjadi tuan atas takdir kita, I am the master of my fate. Stephen Covey dalam 7 Habits mengatakan kita membuat kreasi mental lebih dulu sebelum kreasi fisiknya. Pepatah Latin mengatakan, Fortis imaginatio generat casum, artinya imajinasi yang jelas menghasilkan kenyataan.

Buatlah Life Mapping • Mau kemana kita? Peta, peta, peta (Dora the explorer) • Life mapping adalah peta yang menggambarkan arah kehidupan kita. • Direncanakan, dibuat, dilaksanakan dan dinikmati hasilnya oleh kita sendiri. “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” Cara membuat life mapping Buatlah matrik yang berisi tahun atau umur dan mimpi/keinginan yang ingin anda capai pada tahun atau umur tersebut. Selain berbentuk tulisan akan lebih baik kalau diberi gambar/photo yang menggambarkan mimpi kita tersebut.

About these ads

17 responses to “Meraih Mimpi, Mengejar Cita, Menggapai Cinta

  1. Norma Mutiara mengatakan:

    Saya mempunyai cita-cita,kedua orangtua saya sangat mendukung itu.Bahakan kaka & adik saya juga….
    Tapi,Kakek & Nenek berbeda pendapat.Mereka tidak suka dengan cita-cita saya.Jadi,keinginan saya untuk meraih cita-cita itu jadi sedikit menakutkan bagi saya.Karena di lain sisi Kluarga saya setuju.Namun,Kakek & Nenek tidak setuju…
    Apakah Mimpi Itu Harus Sampai Disini…….?????
    Maaf ya ka,kalau saya tidak beri tahu apa itu……
    Trimakasih…….

    • akhmadfarhan mengatakan:

      jangan takut dengan komentar orang lain, selama cita-cita kita itu baik. terus saja bermimpi, membulatkan tekad. selangkah demi selangkah terus berbuat untuk mengejar apa yang kamu inginkan. Buktikan dengan bahwa kamu BISA…..mereka akan melihat hasil perbuatan kamu bukan apa yang kamu katakan. semoga bermanfaat

    • Yas mengatakan:

      kadang orang sekarang, hidupnya sangat tergantung pada orang tuanya……… kenapa yah,
      karena, masih hidup dalam kedagingan orang tuanya………………..biar oarng tua bilang, jangan sampei cita-cita kita gagal karena orang tua……………….harus kita konsisten, di dalam keberadaan kita sebagai anak…………………………………GBU All????

  2. Ubaidillah azzam mengatakan:

    Assalamualaikum wr.wb
    Wah artikel nya bagus bgt….
    Takjub saya membacanya..
    Numpang CoPas boleh yaa…
    Syukron

  3. DhimasZ mengatakan:

    saya mempunyai mimpi tapi banyak hambatan yg mengganggu saya

    • akhmadfarhan mengatakan:

      hambatan adalah ujian untuk mengetahui kesungguhan seseorang dalam meraih mimpi. tidak ada hambatan yang tak bisa ditaklukkan. kalo boleh tahu, hambatannya apa?

  4. mamentozz mengatakan:

    saya juga punya mimpi…, saya ingin kuliah di ITB tapi susah sekali masuknya…,
    kesempatan aq tinggal SNMPTN 2010 ini.., tapi sampe skrg aq blom bisa blajar karena aq sudah kuliah di PTN sumatera…, jadi aq di sibukkan dengan kuliahqu
    tapi di samping itu aq masih mempunyai hasrat untuk masuk ITB aq akan mencobanya tahun ini.., ini tahun terakhir aq tidak tahu apa jalan ini bener atau aq tetap di PTN yg lama….,
    semua ingin yang terbaik…., tapi knapa kok aq ragu bisa menggapai mimpi..,
    susah sepertinya
    tapi aq akan berusaha
    doakan aq ya teman2

    • akhmadfarhan mengatakan:

      lebih baik kita coba aja dulu, semampu kita…jangan pernah bilang tidak bisa sebelum mencoba. Harapan itu ibarat cahaya dalam kegelapan yang akan memandu kita untuk tetap berjalan di jalur yang benar…

  5. Novie mengatakan:

    aq punya byk mimpi dan salah satunya ku ingin sekali masuk STAN tahun ini namun orang” d sekeliling ku tidak mendukung malah mereka hanya membuat ku menjadi pesimis. bagaimana si cara’a agar kita bsa memotivasi diri kita dan selalu optimis kalau kita pasti bisa meraih mimpi kita??

    • akhmadfarhan mengatakan:

      kita harus selalu punya mimpi untuk bisa memotivasi diri, ingin masuk STAN adalah mimpi yang harus dikejar. sering2 lah baca kisah hidup orang sukses, bertemanlah dengan orang yang punya semangat mengejar mimpi. Yakinlah bahwa kita pun bisa sukses, awali dengan keyakinan, ikuti dengan kemauan untuk berusaha dan selalu belajar. Akhiri dengan do’a kepada Sang Pencipta, mohonlah kepada-Nya agar mengabulkan cita-cita.
      Terkadang kita harus menjadi orang “tuli” yang tidak bisa mendengar ucapan orang2 yang meragukan kita. Teruslah berjalan jangan hiraukan omongan mereka, buktikan bahwa kita bisa.

  6. ulfah mengatakan:

    assalammualaikum wr.wb
    saya ingin brtanya dan minta motivasi boleh tidak

  7. ikin mengatakan:

    Saya mau minta saran mas, saya bingung mau menentukan tujuan hidup..gmn y Cara yang mudah untuk itu? Mohon petunjuknya…terima kasih.

    • akhmadfarhan mengatakan:

      tiap manusia diciptakan pasti ada manfaatnya. masing2 memiliki peran yang berbeda. peran kita sesuai dengan potensi yang kita miliki. tujuan hidup kita adalah memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang lain. cari tau potensi diri kita yang bisa dikembangkan, kuasailah satu atau beberapa jenis keahlian/ilmu yang bisa bermnafaat dalam kehidupan. saya kira dari situ dulu mulainya. selanjutnya terserah anda. he..he..

  8. Bety Pramita mengatakan:

    assalamualaikum :)
    aku kuliah ambil management,tp sayang aku sering diremehkan.
    sodaraku banyak yg d kesehatan,dan aku sama sekali gak suka.
    aku punya mimpi,gak mungkin aku memilih ini kalau aku gak punya rencana yg tentunya baik.
    gak salah kan beda asal tetep d jalan yg baik,akibatnya aku sering dibandingkan,kadang kuat2 aja emang,tp kadang aku jg gak tau harus bilang apa lg sama mereka…

    • akhmadfarhan mengatakan:

      Mungkin tidak perlu kamu balas perlakuan mereka dengan kata2. Cukup buktikan saja kalo pilihan kamu memang tepat. Bisa dengan prestasi akademis atau yg lainnya. Hidup adalah pilihan dan tiap orang bebas menentukan pilihannya. Tetap semangat, kamu bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: