Akhmadfarhan's Blog

Berbagi Tips Manajemen, Kepemimpinan, Motivasi

Komunikasi dalam Islam

pada 25 Februari 2009

Komunikasi tidak hanya ilmu yang dipelajari di kelas perkuliahan semata. Bahkan komunikasi sendiri sebenarnya telah diajarkan oleh Sang Pencipta, Allah SWT, melalui kitabnya Al Qur’an tentang bagaimana pentingnya komunikasi bagi umat manusia. Prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam yaitu:

1. Qaulan Balighan yaitu komunikasi yang disampaikan kepada mereka sampai jiwa mereka bergetar sehingga bisa berpengaruh terhadap perubahan afeksi pada pribadi yang diajak bicara.

2. Qaulan Maisuran yaitu bahasa yang disampaikan menggembirakan mereka memberikan harapan bagi kemajuan dan perbaikan.

3. Qaulan Layinan yaitu bahasa yang disampaikan secara lemah lembut. Biasanya ditujukan bagi orang-orang yang kasar dan pemarah atau raja yang keras hati seperti Fir’aun. Mereka yang tidak mudah menerima kebenaran.

4. Qaulan Kariman yaitu perkataan yang disampaikan penuh rasa kasih sayang serta tidak kasar seperti yang digunakan oleh seorang anak saleh kepada kedua orang tuanya.

5. Qaulan Sadida yaitu kalimat-kalimat yang ”meruntuhkan kemudian membangunnya kembali”. Artinya jika seorang pemimpin berhadapan dengan bawahan yang melakukan kesalahan maka dia wajib meluruskan dan memberikan saran untuk memperbaiki kesalahan tersebut melalui petunjuk-petunjuk yang benar.

6. Qaula Sodikon yaitu berbicara secara jujur apa adanya, yang hitam katakan hitam bukan abu-abu.

            Metode dakwah Islam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sebenarnya telah menerapkan prinsip komunikasi. Keberhasilan dakwah tidak bisa dilepaskan dari penerapan cara komunikasi Rasulullah SAW yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat saat itu. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW sangat pantas ditiru bukan hanya karena ahlak dan budi pekertinya semata melainkan kehandalannya dalam berkomunikasi. Beliau layak menjadi teladan bagi para pemimpin dan manajer kapanpun dan dimanapun.

About these ads

7 responses to “Komunikasi dalam Islam

  1. fadhlierlanda mengatakan:

    nice info gan. ga salah allah mengatakan islam adalah agama yg diridhainya, kalo diridhai oleh allah pasti ga da yg bisa diragukan. keep posting gan

  2. Julian mengatakan:

    Posting yang bagus, Mas! Rasulullah memang ahli dalam hal komunikasi. Kita sebagai umatnya, terlalu banyak yang tidak menguasai bidang komunikasi, sehingga apa-apa yang kita bicarakan yang sebenarnya baik dan luhur, namun diterima dengan persepsi berbeda oleh orang lain. Hanya karena kita tidak menguasai ilmu komunikasi..^_^

    Lanjutkan postingnya mas yang lebih bagus!

  3. Nelavie mengatakan:

    Nice posting… Tapi kalo boleh tolong ditambah juga donk dengan ayat-ayat al-qur’an yang menjelaskan tentang ilmu komunikasi. Jadi, tidak melulu mengambil referensi dari pakar (ahli) komunikasi dari non muslim. Thanks b4… ^_^

  4. rendra mengatakan:

    okkkkk

  5. Finti Fatimah N S mengatakan:

    sumbernya dari buku ato apa nihhh tolong beri tahu saya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: